Fungsi/Formula Excel di PHP

November 9, 2007 at 10:34 am 3 comments

Beberapa minggu lalu gw searching apakah functions atau formula Excel bisa dirun di PHP. Ternyata pertanyaan gw tidak bertepuk sebelah tangan. Gw menemukan CMF-nya (Content Management Framework) namanya PHPExcel. Bisa liat pagenya di http://www.codeplex.com/PHPExcel.

Gw ga bakalan membahas tentang PHPExcel itu sekarang, secara gw juga lagi belajar PHPExcel. Nanti deh gw ceritain kalo udah bisa. Keren joging bisa bantu kerjaan kantor gw. Makasih abis buat Maarten Balliauw dkk.

Entry filed under: Informasi. Tags: .

Yearfrac Pindahan….

3 Comments Add your own

  • 1. ipk4cumlaude  |  November 10, 2007 at 9:04 pm

    Setelah gw baca2, ternyata PHPExcel tidak memanfaatkan fasilitas2 atau object2 Excel yg sudah terinstal. Si Maarten rajin banget, malah bikin function Excel sendiri. Tapi belum semua beres. Tapi (lagi) karena gw ga bisa bantu dia bikin function yg lain terutama Financial Formula yg ada di Excel, jadinya gw cuman nugguin kerjaan dia. PHPExcel itu malah lebih sebagai reader and writer Excel. Misalnya, sebuah program bisa membuat file Excel (bahkan Excel 2007) dengan program PHP. Nah hebatnya, kalo isi cell-nya adalah formula maka bakal formula juga di Excel, ngga mati (paste-value) geto lo.

    Nah…. untuk tujuan awal gw, menggunakan objek Excel di PHP, ternyata PHP udah bisa dari dulu. Yaitu pake extension yang namanya COM, mirip .NET kali ya (note: gw belum tau .NET itu kayak gimana). Kalo mau liat manualnya klik aja di sini. Sekarang gw mau mempelajari plus sekalian menerapkannya untuk bikin sistem simulasi asset management untuk transaksi obligasi (pake PHP manggil objek Excel, pake database MySQL dan server Apache, pake XAMPP/WAMP geto loh sekali klik instal semua). Mudah2an cepet beres deh!

    Reply
  • 2. alfarisy  |  March 24, 2008 at 6:36 pm

    amin, tak doain cepet beres mas. semangat semangat

    Reply
  • 3. joel  |  June 18, 2008 at 6:19 am

    mas bisa ngerun macro excel dari php ga ? kalo bisa bagi2 dong ?

    XQ said:
    Secara rencana saya yg di komen1 (udah lama) gagal dilaksanakan karena tidakadanya server di tim kami (ga percaya kalo di simpen di server gabungan kantor, cuz datanya rahasia) akhirnya saya kerjakan manual pake Excel aja. Jadi….. saat ini saya udah lupa apakah pake COM itu bisa me-run macro Excel apa ngga? Harusnya sih bisa. (Membuka DVD-ROM pake COM di PHP aja bisa). Maaf mas joel, saya udah lupa… dan juga file2nya udah ilang karena komputerku udah di-clean install😦 . Coba deh baca n coba sendiri mudah2an ketemu solusinya.

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


We Moved!

Kami telah pindah ke www.excelquotient.com

Tweet XQ

Kapsul XQ Terkini

Archives

Annex


Langganan
RSS Kapsul XQ
RSS Komentar XQ

# Blog Walkers
web tracker

Ranks
My Popularity (by popuri.us)

Lisensi
Creative Commons License

