Bukunya Abimono: 50 Jurus Rahasia Excel

May 31, 2008 at 8:56 am 69 comments

Setelah dikasih tau sama Randi Pratama tentang bukunya mas Abimono tentang 50 Jurus Rahasia Excel, minggu lalu saya bergegas ke Gramedia Matraman. Di toko buku yang katanya terbesar se-Asia Tenggara itu, nangkring juga bukunya mas Abimono yang diterbitkan oleh INFO KOMPUTER (masih grupnya Gramedia).

Nah, bagi yang mau belajar lebih Excel advance lagi, silakan beli bukunya. Semua jurus yg dikasih tanpa menggunakan macro Excel. Perasaan dulu pernah ada yg nanya mengenai menjumlahkan berdasarkan warna cell or warna font tanpa macro deh. Nah di buku ini ada jawapannya. Selain itu, keren juga tuh bisa lookup gambar. Kata dia, kalau buku ini laris manis, bakal diterbitin juga buku keduanya. Sok beli aja deh bukunya, biar laris, kan nanti kita bisa serap lagi tuh ilmunya mas Abimono. Kalau laris tapi dia ngga nulis lagi, kita jitak aja😛 . Ngga rugi deh dengan mengorbankan duit sekitar 41 rebuan perak.

Oya, jangan pusing kalau di buku ini, separator input formulanya bukan koma tapi titik koma. Anda ganti aja jadi koma kalau emang settingan Excel Anda menggunakan seprator koma. Titik koma itu separator default untuk OpenOffice.org Calc.

Segitu dulu deh impo dari saya. Dan buat mas Abimono, tenang mas, jurus2 di buku itu ga bakal saya share di sini, kecuali yg udah saya tahu sebelum beli buku itu… 😀 . *Dikasih berapa ya saya buat promosi ini? Ngarep Mode ON😛 *

Entry filed under: Informasi. Tags: .

Kombinasi OptionButton & ComboBox Evaluasi Jawaban

69 Comments Add your own

  • 1. Ananto Subiakto  |  June 1, 2008 at 8:08 am

    Buku ini terobosan baru belajar Excel. Isinya bener-bener beda sama buku yang lain. Pas pertama beli gwe sempet ga percaya dengan yang ditulis, karena ga pernah liat di buku lain. Pas coba sendiri baru percaya.

    Isinya keren. Tapi gambarnya kekecilan. Pas lihat di bagian depan ternyata layoutnya dibuat sama orang lain. Denger-denger emang gramedia suka begini nih. Penulis yang udah terlalu banyak diteken abis sama mereka. Dari layout sampai royalti.

    Buku karangan Fauzan, Adi Kusrianto, ga ada apa-apanya deh. Karena kebanyak buku mereka cuma bahas per fungsi. Emang bener kata mas Abi, selama ini orang Indo males baca help. Makannya buku yang very basic masih ada.

    Bravo XL-mania!

    XQ said:
    Bener mas, para pelaku Excel di Indo itu pada males baca Help, padahal udah membantu. Tapi emang gitu manusia memiliki interest yg beda2 sehingga menjadi lahan rizqi buat orang lain. Gusti Allah udah ngatur itu mah. Makanya, saya nulis kapsul XQ di blog ini aja deh ngga dibukuin, biar orang2 bisa baca tanpa bayar (malu kalo dikunjungin yg jago2). Saya udah seneng kalo liat grafik stats visitor blog XQ ini meningkat (sekarang sering di atas 100 pengunjung per hari)

    Balik lagi ke buku Excel, pokoknya kalo yg nulis dari XL-Mania sih jangan diragukan lah…. Inget pas pertama kali gabung ke sana, ada lomba nulis formula terpendek. Walah ga ngerti saya itu formula aneh2 gitu. Makanya buku ke2 nya sangat ditunggu nih, biar ngerti.

    Reply
  • 2. abimono  |  June 1, 2008 at 4:41 pm

    hai hai…. hmmmm… tadinya mau dikasi 1 buku gratis karena promosi… tapi ternyata udah beli ya…😛

    ntar buku yang ke-2 deh🙂

    bener kata Ananto, layoutnya dari infokomputer agak2 gimana gitu😦 smoga edisi berikutnya ga kecil-kecil gambarnya.

    ntar di buku ke-2 mungkin aku mau bahas fungsi-fungsi rekursif di Excel lebih banyak🙂 thanks ya udah beli. hehehe…

    XQ said:
    Arghhh…. Salah deh kenapa beli dulu ya. Eh tapi kalo ga dibeli ga bisa ngasih review. Gapapalah… Kata orang bajik: “Orang banyak menyesali apa yg tidak dia perbuat”. Saya udah beli, jadi ga menyesal, gitu kali artinya.
    Oya gambarnya kekecilan. Ke depannya, kalo bisa, tombol2 yg diatasnya itu diilangin aja. Langsung fokus ke header kolom dan baris. Menu bisa tuh ditampilin kalau emang lagi fokus ke sana. Mudah2an laku

    Reply
  • 3. Steven Tarigan  |  June 5, 2008 at 1:48 pm

    Terobosan baru belajar Excel! Buku Excel yang sangat beda! Kapan nih bukunya keluar lagi?

    Reply
  • 4. Erwin Margo  |  June 6, 2008 at 1:31 am

    Buku ini mantab. Terobosan baru! Buku yang udah ada di pasaran banyak yang ngebosenin karena isinya itu-itu aja!

    Yang dibahas di buku ini beda banget, bener-bener ga sangka Excel bisa segitu canggih. Bener-bener buku Excel yang paling sexy *eh* canggih!

    Reply
  • 5. alfudz  |  June 6, 2008 at 9:15 am

    Ya Mas. Kenalkan aq pengunjung baru di situs ini. Aq jg pengen belajar excel nih. Udah dulu. Kapan disambung lagi.

    Reply
  • 6. Steven Tarigan  |  June 6, 2008 at 2:48 pm

    Keren ya jurus GET.CELL( ) nya? Kok bisa gitu ya? Kenapa di buku-buku Excel yang lain ga ada?

    Reply
  • 7. Andy Kuswandi  |  June 13, 2008 at 10:08 am

    Cuplikan buku ini beredar di Infokomputer Edisi Juni 2008 halaman 94-100. Beda banget levelnya sama kontribusi Ahmad Fauzi di halaman 130. Bukannya meremehkan, tapi punya pak Fauzi ini basic banget. Mungkin memang beda segmen kali ya… dia lebih fokus ke beginner. Kalo mas Abimono ke yang moderate dan expert. Momodsnya XL-mania memang beda jauh deh.

    Reply
  • 8. Damian Danuarta  |  June 16, 2008 at 11:00 pm

    Busyet. KEmaren pas ke Jakarta liat buku ini. Hebat juga ya. AKhirnya ada buku yang nggak ngebosenin. Buku Excel yang lain mah ganti2 judul doang, Excel 2000, Excel 2002, Excel Xp, Excel 2007, ngomongnya “rahasia”, tapi cuma bahas fungsi2. Apalagi yang ijo2 di gramed itu. Pasti bosen.

    Tapi buku yang satu ini beda! Buku 50 jurus rahasia excel bener2 berisi rahasia. Gwe baru tahu lho ada EVALUATE, GET.CELL, DATEDIF, dan array2 yang panjang2 gitu. Salut!

    Reply
  • 9. gege  |  June 23, 2008 at 8:34 am

    Hai mas Abimonoo, benarkah IPK mas abimono 4?
    Milisnya keren

    XQ said:
    Tuh mas Abimono, ditanyain, ipk-nya 4 ngga?
    FYI kalau yg (nickname-nya) ipk4cumlaude itu saya…😀

    Reply
  • 10. Agn  |  June 27, 2008 at 10:07 am

    hai.. hai.. terimakasih atas ilmunya.. berguna banget buat gw sebagai data analis.. bravo buat XQ.. seandainya di Indonesia banyak org seperti XQ yang mau share ilmu secara gratis, gw yakin indonesia akan dipenuhi oleh orang2 hebat….

    sekali lagi thank’s
    Agn

    XQ said:
    Waduh hidung saya jadi berkembang begini…. 😀
    Saya berusaha sebisa saya. Padahal yg lain seperti excelans dan mas Abimono dengan xl-mania nya jauh lebih bagus lagi. Saya mah bukan apa2.

    Reply
  • 11. rizald  |  July 2, 2008 at 2:23 pm

    gimana caranya pesen online???

    Reply
  • 12. Laili Dhini Meutia  |  July 16, 2008 at 11:09 am

    Saya mau buat buku panduan belajar excell, untuk tingkat pemuli dengan rumus sederhana, dimana saya bisa dapat? Tolong ya !

    Reply
  • 13. nilawati  |  August 2, 2008 at 2:12 pm

    gimana nih?

    Reply
  • 14. agung  |  October 16, 2008 at 11:05 pm

    Salam kenal semuanya…saya termasuk penggemar berat excel, sekarang lagi belajar macro, ya meskipun bersusah payah..kebetulan skripsi saya juga tentang aplikasi macro di bidang teknik sipil…smg semua mas2 n mbak2 disini yang ahli macro dapat membantu saya….hehehehe
    saya pasti dengan semangat 45, akan sering2 mampir kesini…
    salam

    Reply
  • 15. gaul  |  October 30, 2008 at 9:03 am

    Send me a good tutorial for excel.please.You can send to the gaulmen@gmail.co.id or destiadana@yahoo.com.Thanks be4

    Reply
  • 16. Mang Kumlod  |  October 30, 2008 at 9:23 am

    #rizald
    pesen onlen mah cari aja di toko buku online e.g. kutukutubuku or apalah, banyak sekarang mah…

    #laili
    ya di sini juga bisa

    #nilawati
    biasa aja

    #agung
    salam kenal juga… thx dah mampir

    #gaul
    silakan daftar di RSS blog ini aja mas daftarin ke email Yahoo!nya

    Reply
  • 17. Moshadd  |  October 31, 2008 at 7:58 am

    Halo boss, salam kenal. yang jelas okey banget

    Reply
  • 18. Dwi Wahyudi  |  November 25, 2008 at 8:42 am

    Aduh mas, kirain bukunya gratis. Hehehe…….. Btw, blognya bagus banget karena kebetulan saya juga sering bermain-2 dengan Excel.

    Reply
  • 19. kenito  |  December 22, 2008 at 5:23 pm

    thank you yach uda mau berbagi ilmu yang banyak manfaatnya ini..jangan berhenti berbagi yach..:)

    Reply
  • 20. ujo  |  December 24, 2008 at 7:56 pm

    mas, nama aku ujo, aku sekarang tinggal di cikarang.mau tanya neh mas, kalau selain gramedia matraman, dimana lagi saya bisa dapatkan buku itu ya? kalau bisa di daerah cikarang sini ne mas?

    thank’s banget ya…

    Reply
  • 21. ujo  |  December 24, 2008 at 8:12 pm

    mas mau nambahin kalau tahu kirim ke email aku di
    cahbagus_17@ymail.com

    Reply
  • 22. sugiono  |  January 31, 2009 at 7:47 am

    sukar sekali memperoleh buku jurus rahasia excel di malang

    Reply
  • 23. dhiant  |  April 15, 2009 at 10:27 pm

    ada info toko buku online yang masih ada stok buku ini gak??? thx

    Reply
  • 24. fernando  |  April 28, 2009 at 8:32 am

    Mas Abeee……………

    Reply
  • 25. sai  |  April 28, 2009 at 8:35 am

    wah wah… excel makin semarak.
    Dari dulu memang Mas Abimono tuch dewanya.
    Mbak Yu SitiVi bikin buku juga?

    Reply
  • 26. alphard xavier  |  May 22, 2009 at 7:40 pm

    mas…..bisa ga aku transfer uang ke rek mas abi, terus bukunya dipaketin ke aku. di Serang ga ada Gramedia, mengenaskan banget. Silahkan kasih notifikasi via email diatas aja. thanks

    Reply
  • 27. Adiknya abimono  |  May 28, 2009 at 4:58 pm

    halo, saya adiknya abimono. saya pernah bekerja di gramedia. saya bisa kasih diskon 10% jika memesan buku 50 jurus rahasia excel lewat saya (belum termasuk ong-kir). plz drop me an email with subject : 50 jurus rahasia excel

    best regards,
    danisworo

    Reply
    • 28. Ramadiah  |  November 14, 2010 at 1:52 pm

      masih ada gak mas bukunya… saya mau pesan..

      Reply
  • 29. Budi Lubis  |  June 4, 2009 at 2:13 pm

    Mau tanya ini Pak, pernah di Trac Astra Rent a Car ya…..

    Reply
  • 30. Ami  |  July 31, 2009 at 4:22 pm

    50 Jurus apa aja ya.
    Cocok ga diterapin di kantoran ?
    Aq mw usul buku excel bwt kantor biar olahdata nya bagus.
    thx atas jwbnya.

    Reply
  • 31. kaiser  |  July 31, 2009 at 4:24 pm

    halo bu ami, kalo minat beli bukunya bisa drop me an email kaiser_ziegfried@yahoo.com

    Reply
  • 32. excelux  |  August 11, 2009 at 10:55 am

    Buku Mas Abimono memang mangstab. Terimakasih Pak Kaiser saya bisa dapat buku satu lagi. Sebenernya saya masih butuh satu lagi buat hadiah ke temen. Ada temen-temen lain yang tahu ga beli dimana.

    Reply
  • 33. kaiser  |  August 11, 2009 at 10:59 am

    kebetulan saya masih sedia stock, masih sisa 4 exemplar. tapi saya baru bisa kasih sekitar senin. karena lagi sibuk banget Y_Y

    Reply
    • 34. resti  |  October 9, 2009 at 9:03 am

      kalo sekarang masih ada ga bukunya???

      Reply
  • 35. Budi Lubis  |  September 3, 2009 at 1:03 pm

    Kalau di Medan dimana bisa dapatkan bukunya dan berapa harganya….?

    Reply
  • 36. supriyadi  |  October 15, 2009 at 11:32 pm

    mohon saya dibantu untuk mendapatkan buku rahasia excel. saya sudah keliling toko buku di kota malang sampai pusing, belum dapat juga.

    Reply
  • 37. sulhantoni  |  November 7, 2009 at 8:51 pm

    mas abi.. dibuku terbitan mas abi ada istilah Vloocup gambar disana hanya berupa gambar bintang, smile dsb, saya ingin tanya bagaimana cara mem Vloocup Ficture. trim atas bantuannya.

    Reply
  • 38. ABUBAKAR  |  November 20, 2009 at 7:13 am

    kirimi aplikasi nilai raport dong mas !

    Reply
  • 39. ABUBAKAR  |  November 20, 2009 at 7:17 am

    mohon saya dibantu untuk mendapatkan buku rahasia excel. saya sudah keliling toko buku di kota malang sampai pusing, belum dapat juga.

    Reply
    • 40. Hudayana Purwanto  |  March 19, 2010 at 11:41 am

      ke cirebon aja temui cah bagus….n cah pepen…

      Reply
      • 41. Hudayana Purwanto  |  March 19, 2010 at 11:44 am

        081313301116…atas nama karno efendi cirebon

  • 42. Kharunia Elga  |  February 3, 2010 at 11:20 am

    tgl 2 februari 2010 kemarin nyari d Gramedia Bandung Bukunya gk ada sih…?

    XQ said:
    Sepertinya emang udah habis deh cetakannya… Sabar ya…😀

    Reply
  • 43. Hudayana Purwanto  |  March 19, 2010 at 11:40 am

    Mas gimana caranya menjumlahkan warna di excel?
    ditunggu jawabannya….

    Reply
  • 44. Hudayana Purwanto  |  March 19, 2010 at 11:42 am

    hubungi 081313301116…atas nama mas pepen karno effendi cirebon

    Reply
  • 45. didin  |  April 30, 2010 at 11:04 am

    apakah saya bisa membeli buku ini via online? karena di gramedia matraman itu habis….

    hubungi saya di tsany9384@yahoo.com

    atau 98967288

    Reply
  • 46. Iwan Kusnawan  |  May 10, 2010 at 12:56 pm

    Tolong kabari kalau masih ada buku ini, susah cari buku bagus. Bisa transfer BCA lalu dikirim bukunya?

    Reply
  • 47. hudayana purwanto  |  September 18, 2010 at 12:14 pm

    mas buku 50 jurus nya bisa pesen gk? gmana caranya? nyari2 gk ada th……

    Reply
  • 48. hudayana purwanto  |  September 18, 2010 at 1:04 pm

    saya mo pesen nh gmana cranya?

    Reply
  • 49. alfi  |  October 1, 2010 at 2:19 pm

    Di yogya ada gak yah buku 50 jurus rahasia excel

    Reply
  • 50. jumaro  |  October 21, 2010 at 8:39 am

    wah bagus bner nih buku

    Reply
  • 51. ratu elissa  |  October 23, 2010 at 7:51 pm

    udah keliling kemana-mana stock abis
    apa gak cetak lagi pak

    ngomong2 kapan nih buku ke-2 udah terbiit

    Reply
  • 52. ramadiah  |  November 1, 2010 at 6:52 pm

    Adiknya mas abimono, buku itu masih ada tidak.. Saya mau kalau masih ada.. Ym in saya aja ya dhia35_88@yahoo.com

    Thanks,
    Diah

    Reply
  • 53. Diah  |  November 14, 2010 at 1:50 pm

    Mas Abimono… dimana saya bisa dapat buku itu?.. saya ingin sekalo memiliki buku itu..

    Reply
  • 54. abimono  |  February 5, 2011 at 2:12 am

    Akhirnya terbit juga… buku kedua XL-mania! Saat buku lain mengajarkan cara membuat chart 3D dengan Microsoft Excel, buku ini melarangnya! Sebuah buku kontroversial dan unik, gabungan antara buku komputer dan buku aplikasi bisnis.

    Informasi selengkapnya ada di website XL-mania

    Bukunya premium, full color, dan yang penting isinya… unik, edukatif, dan menarik.

    Untuk siapa saja yang ingin belajar membuat chart, atau pernah membuat chart tapi ragu apakah chartnya sudah baik, buku ini cocok sekali sebagai referensi dan petunjuk latihan.

    Kalau suka, silahkan dibeli di toko buku terdekat / bisa langsung pesan dari webnya

    Reply
    • 55. XQ  |  February 13, 2011 at 1:05 am

      wah mangstab nih… pesen ah…

      Reply
    • 56. tonnie  |  February 16, 2011 at 9:10 am

      Pak Abimono,

      Saya tonnie dari Surabaya.
      Saya ingin memiliki buku 50 jurus rahasia excel,
      dimana dana bagaimana cara mendapatkannya ya ?
      (cos saya cari di toko-toko buku di Surabaya dan toko buku online sudah tidak ada)

      terima kasih
      tonnie

      Reply
    • 57. Rendra  |  February 23, 2011 at 2:35 pm

      saya baru tau dan baru buka XL-Mania, jadinya ketinggalan info nih saya, saya merasa masih kategori pemula ketika membaca trik dan formula yang ada di XL-Mania, untuk mas Abi saya mau request nih…kalau buku pertamanya masih bisa di pesen ga mas Abi, maksud saya mau beli 2 buku sekalian (buku pertama/50 jurus rahasia excel dan buku kedua). mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya,

      Regards
      Rendra

      Reply
  • 58. jonsabar  |  March 15, 2011 at 12:11 pm

    Mas abi kalaulah boleh di bagi pengetahuannya saya mau beli bukunya buku pertama dan buku kedua. saya kadang bingung dalam rumus rumus dari XL-mania..Mungkin saya masih pemula sehingga bingungnya banyak.
    Thanks mas abi

    Reply
  • 59. Ardy  |  March 31, 2011 at 1:00 pm

    Mau beli… (sumpah…)
    Tapi ga tau lagi mesti nyari di mana…
    Please help us, Mr. Abi…

    Reply
  • 60. ser_anggra  |  May 4, 2011 at 9:20 pm

    Bisa transfer BCA, bos itu excel tahun berapa

    Reply
  • 61. herry rohi  |  May 5, 2011 at 5:35 am

    mas Abi, kenapa ga coba di publish lagi buku 50 jurus rahasia excel? banyak lho mas yang tertarik dan mau pesen buku itu…. sulit banget cari buku itu mas, bahkan sy coba cari diloakan juga ga ada… karena sy yakin ga ada yg mau jual ke loakan…

    Reply
  • 62. luthfi  |  May 19, 2011 at 12:26 pm

    beli dimn neh buku??cari ditempat mana2 sudah gak ada.mohon info..saya dijakarta…

    Reply
  • 63. Dian  |  November 7, 2012 at 7:33 am

    Beli dmn niie bbuku??? tolong infokan Dian juga.,dian di Banten serang

    Reply
  • 64. Jufriansyah Al-Banjari  |  May 7, 2013 at 8:23 pm

    Bagaimana cara beli bukunya….

    Reply
  • 65. Jufriansyah Al-Banjari  |  May 7, 2013 at 8:24 pm

    Oh ia…. saya ber domisili di Kabupaten Berau Kalimantan Timur

    Reply
  • 66. marzuki  |  September 29, 2013 at 3:22 pm

    gimana cara download ni ya bang, mhn infonya dr, marzuki jambi, tks

    Reply
  • 67. Muhammad Tahir  |  June 16, 2014 at 8:50 am

    bukunya sudah tidak ada di toko buku, mohon di info Mas Abi, supaya kami bisa dapatkan bukunya

    Reply
    • 68. Din  |  November 1, 2015 at 2:21 pm

      belinya dimana

      Reply
      • 69. mangkum  |  November 1, 2015 at 5:57 pm

        Udah ga dicetak lagi

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


We Moved!

Kami telah pindah ke www.excelquotient.com

Tweet XQ

Kapsul XQ Terkini

Archives

Annex


Langganan
RSS Kapsul XQ
RSS Komentar XQ

# Blog Walkers
web tracker

Ranks
My Popularity (by popuri.us)

Lisensi
Creative Commons License

