Evaluasi Jawaban

June 2, 2008 at 7:30 pm 3 comments

Menjawab pertanyaannnya mas Rois:

mas bagaimana ya mau nanya nya…
saya tertarik mempelajari macro dan saya bisa menggunakan vb, yang saya ingin tanyakan, bisa nggak macro excel langsung memberikan nilai pada saat menjawab soal yang sudah ada dalam worksheet nya….

atas jawaban nya terima kasih …
nb : kasih tau source kode nya jangan lupa

Saya lebih fokus ke bikin nilai pada saat menjawab soal. Mohon maaf kalau saya salah tangkap. Untuk tujuan itu, sebenernya ga harus pake macro, tanpa macro juga udah bisa. Makanya saya menyarankan untuk tanpa macro aja. Kalau emang harus pake macro nanti saya jawabin lagi. Filenya ada dimari file Pertanyaan.zip.

Caranya:

1. Download file tersebut

2. Setelah diextract, unhide sheet2 yg berisi jawaban, kunci jawaban, evaluasi jawaban dan nilai. Caranya klik menu Format>Sheet>Unhide. Lalu Pilih Sheet2 klik OK.

3. Unprotect Sheet2 dengan cara Tools>Protection>Unprotect Sheet.

4. Ngga keliatan apa2 kan? Blok semua cell, ganti warna font menjadi hitam.

5. Di Sheet2, Range F3:H3 adalah linked cell berturut dari jawaban A, B dan C dari pertanyaan pertama. (liat kapsul Kombinasi OptionButton & ComboBox. Kalau yg lain2-nya mah pelajari sendiri saja.

Kelemahan file ini adalah nilai di Sheet2, Range F3:H3 harus dihapus manual atau dipastikan kosong sebelum orang lain menjawab pertanyaan di Sheet1.

Gitu deh. Mohon maaf mas Rois kalau maksud pertanyaannya dan jawabannya ga nyambung, saya jawab yg versi ga macro dulu, kalau emang pengen yg macro-nya saya nanti bikin juga. Atau kalau mau cepet mah gabung aja sama milisnya mas Abimono: http://www.xl-mania.com Di sana yg jawabnya ada banyak.

Entry filed under: Kasus. Tags: .

Bukunya Abimono: 50 Jurus Rahasia Excel HLOOKUP

3 Comments Add your own

  • 1. Syamsul Arifin  |  October 27, 2008 at 1:09 pm

    kalau memebri penjelasan harus jelas. dan rumusnya harus lengkap

    XQ said:
    Waduh… maap deh kalau serpisnya ga memuaskan… Segini adanya…

    Reply
  • 2. Arif  |  August 9, 2010 at 1:57 pm

    Mohon pencerahan. Aku masih awam tentang excel macro. Kebetulan aku jd sekretaris PSB. Bagaimana ya kalo bikin aplikasi PSB pake excel?
    Contoh kasus.
    1. Sheet 1 untuk input data pendaftar sesuai dengan formulir pendf.
    2. Sheet 2 secara otomatis menampilkan Jurnal (ranking)

    Bagaimana caranya ?
    Mohon bantuannya.

    Reply
    • 3. mangkum  |  August 9, 2010 at 2:40 pm

      PSB apaan ya mas Arip?
      Saya ga tau data di formulir pendaftarannya apa aja dan tampilannya di sheet 2 mau kayak gimana, Mas. Jadi ga bisa jawab.
      Mungkin bisa dipelajari bab hampir terakhir di pdf VBA Excel training, ada yg buat kuesioner, Mas.

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


We Moved!

Kami telah pindah ke www.excelquotient.com

Tweet XQ

Kapsul XQ Terkini

Archives

Annex


Langganan
RSS Kapsul XQ
RSS Komentar XQ

# Blog Walkers
web tracker

Ranks
My Popularity (by popuri.us)

Lisensi
Creative Commons License

