Bekerja Efisien dengan Excel

June 13, 2008 at 8:42 am 15 comments

Kapsul ini bukan bercerita mengenai motivation training agar Anda bekerja dengan efisien dengan menularkan semangat (kerja) motivator ke pesertanya. Namun, kapsul ini adalah teknik agar Anda bisa bekerja efisien dalam menggunakan Excel. Kalau saya sih sebagian besar waktu kerja ditemani dengan software ini. Sehingga kalau saya bekerja secara efisien dalam menggunakan Excel maka seluruh pekerjaan yang saya lakukan menjadi lebih efisien. Sisa waktu bisa buat mikir lebih (atau blogging lebihπŸ˜€ ). Pengen tau teknik apa aja yang saya lakukan? Ini dia…

1. Jangan gunakan tetikus kecuali terpaksa. Hafalkan jalan pintas (shortcut) keyboard dalam menggunakan Excel. Seperti berpindah atau menyelekesi cell, sheet, workbook, pengaksesan menu dan shortcut lainnya yang berguna dan sering dilakukan. Khusus untuk menu, gunakan Alt ditambah huruf yang bergaris bawah. Misalnya untuk Paste Special Value bisa dilakukan dengan shortcut Alt+E+S+V Enter. Bandingkan sendiri waktu yang Anda buang jika menggunakan tetikus.

2. Jika pekerjaan Anda berulang. Sebisa mungkin gunakan formula2 yang memudahkan atau kalau bisa, tambahkan macro aja. Nah, kerjaan yang biasanya selesai bermenit2 atau berjam-jam dengan cara manual, maka dengan menambahkan formula2 dan macro akan selesai in no time. Dengan sekali pencet tombol aja, Excel akan bekerja untuk Anda dan Anda bisa menemani Excel bekerja dengan mengerjakan kerjaan Anda yang lain. Atau, kalau emang lagi santai, bisa berblogging ria degh…. Oya penggunaan formula atau macro juga akan mengurangi human error yang dampaknya ya itu tadi bekerja lebih efisien dan ga dimarahin boss.

3. Pastikan spek komputer terutama Random Access Memmory-nya tinggi. Lebih tinggi lebih bagus. Karena kadangkala (kadang2 juga boleh) ukuran file Excel memiliki ukuran yang besar bahkan akan membengkak jika mengandung bahasa Macro. Sehingga, tidak ada waktu bagi Anda untuk menunggu Excel melakukan proses yang diperintah. Jangan sampai boss Anda nanya “Lagi ngapain lu?”. “Nungguin Excel nge-save file, boss!”. Apa kata dunia!

4. Jangan lupa menyimpan file Anda (Ctrl+S) dengan intensitas yg cukup sering (tapi jangan keranjingan Ctrl+S kaya temen saya) dan juga jangan lupa backup file Anda. Just in case aja, kalau2 Excelnya error atau filenya kehapus permanen. Cabe deh…. Tanpa save dan backup pasti waktu kerja Anda akan terbuang banyak untuk melakukan hal yang serupa.

OK kan. Sekarang mungkin Anda bertanya gimana cara melakukan teknik-teknik itu terutama poin 1 dan 2? (Kalau Anda ga nanya ini, hati2 loh mungkin kekritisan Anda telah berkurang, olahraga sana…!). Caranya ya (saya sih maunya) Anda ikuti terus kapsul-kapsul XQ di blog ini. Khususon untuk formula-formulaan, (sesuai permintaan mas Abimono di poin 7 halaman v), Anda juga bisa beli-baca-praktekan jurus2 mas Abimono di bukunya: 50 Jurus Rahasia Excel yang berbandrol Rp41.500,- di Gramedia Matraman.

OK deh. Segitu dulu untuk kali ini, mudah2an berguna dan bermangpaat. Dan mudah2an kapsul dan blog XQ ini berkah. Then!

Entry filed under: Informasi. Tags: , , , , .

HLOOKUP 2nd Anniversary

15 Comments Add your own

  • 1. abimono  |  June 13, 2008 at 9:23 am

    promosi lagiiii…πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    thanx2

    imho, sebenernya kelemahan orang indo dalam menggunakan excel itu satu. saya perhatikan di kantor2 pada nggak suka tanya2 ke orang lain. jadi udah ada mindset, “cara gue yang paling bener sekarang”, “cara gue yang paling efisien”. bahkan ada yang cuma “meneruskan” pekerjaan pendahulunya / seniornya aja, tanpa tahu bahwa ada cara yang lebih efisien.

    jadi harusnya musti banyak:
    1. baca help [ini harus lho, aku pernah lihat ada orang yang membuat rata-rata dari 8 data dengan rumus =SUM(A1:A8)/8 omg omg omg]
    2. buka2 blog macem https://excelquotient.wordpress.com [ini namanya cross-promo],
    3. ikutan forum kayak http://www.XL-mania.com.

    Reply
  • 2. burot  |  June 17, 2008 at 1:45 pm

    mas………… permisi saya termasuk orang yang pengen belajar excel bisa kirim belajar excel yang mudah ga ke email sya

    Reply
  • 3. Candra  |  September 6, 2008 at 9:08 am

    Mas Boleh nanya Ga??
    bis ga excel mengkombinasikan Chart yang berbeda??
    misalnya bar chart dengan line chart..???
    dengan aray yang sama.
    misalnya ada 10 data…saya mau 5 data pertama dengan bar chart dan 5 lainnya dengan line???
    kalo bisa tolong share ya??
    ato ada program lain yang bisa buat chart kayak gini??

    Reply
  • 4. gilang  |  November 5, 2008 at 4:09 pm

    ajarin vba di exel donk….gw uda coba tp g ngerti2!!!!
    gimana caranya buat button di worksheet n buttonnya ke detek di vb skriptnya????
    tolonggggg ya…..^.^

    Reply
  • 5. rahmat  |  November 17, 2008 at 12:33 pm

    saya punya kasus dengan excel :
    ada data di sheet1 kolom c ingin saya copykan ke sheet2 bisa tolong di kirim macronya ke saya karena data lumayan banyak ampe ribuan.(kalau bisa di kirim ke sini :rahmat_adin@yahoo.com)

    Reply
  • 6. Alfudz  |  November 22, 2008 at 7:27 pm

    @mas rahmat Klo mau dicopy ke sheet 2, bukannya cuma tinggal blok pake ctrl+shft+panah bwh, trs ctrl+c pindah kursor diakhiri ctrl+v udah bisa kan??

    Reply
  • 7. divansemesta  |  November 27, 2008 at 12:58 pm

    nyari tutorial excel yg wokeh dmn yah
    ….skalian program untuk minimarket yg excel ada gag ya

    Reply
  • 8. MEC  |  December 25, 2008 at 12:56 pm

    mas boleh gak klao sy minta soal-2 dan cara penyelesaiannya juga tetang excel2003. klo ad kirim aja ya ke email: muk_lis@ymail.com. tanks.

    Reply
  • 9. onyon  |  March 2, 2010 at 5:15 pm

    mas shortcutnya salah tuh, udah dicoba ga bisa
    setahu saya yang bener itu CTRL+ALT+DEL atau ALT+F4
    ngarang bae bikin shortcutnya..sampe jari kaki ikut mencet coz ga cukup buat mencet enternya..hahahaha

    XQ said:
    coba pake hidung juga….πŸ˜›

    Reply
  • 10. awe  |  March 3, 2010 at 11:36 pm

    mas saya baru mo belajar makro wxcel,,tolong kirimin ke arifwinardi@ymail.com dong..thx b4…filenya error waktu mo didownload….

    Reply
  • 11. Tri Hartono  |  June 21, 2010 at 12:19 am

    Mas..makasih teramat sangat dengan segala ilmu yang diberikan..semoga mendapat kemulian dari Allah..Amien
    Bisakah saya sepandai anda..?Dimanakah bila saya mau memperdalam nya karena denganpanduan buku saya agak kurang mampu mencerna nya..maaf mas saya tergolong org yang daya tangkap nya kurang..intinya saya mau sekali kursus dengan anda..boleh?

    Reply
  • 12. Arif  |  September 1, 2010 at 10:15 pm

    Mas gmana ya cara membuat Form untuk isian Pendaftaran Siswa Baru menggunakan Macro?
    Misal Sheet1 utk Formnya, Sheet2 data recordnya. Maaf kalo pertanyaan membngungkan soalnya saya juga bingung.

    Reply
  • 14. zeyn  |  February 4, 2011 at 10:50 am

    Mas minta tolong kirimin File belajar Macro Excelnya donk….ke Zeyn_zz@yahoo.com saya masih sangat sangat sangat pemula untuk macro excel ini, mohon bantuan dan bimbingannya.. trims

    best regards,
    Zeyn, Sby

    Reply
  • 15. Daryatna  |  June 27, 2014 at 11:38 am

    salam kenal…. saya pemula yang sehari-hari bekerja dengan excel, saya tertarik dengan bukunya mas Abimono, tapi saya cari di Gramedia Bandung engga ada. mohon petunjuk dimana dapat membeli di sekitaran Bandung, Khususon di Garut. Klo bisa Online juga Rapopo. Trimakasih atas perhatiannya. Salam Excel Mania

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


We Moved!

Kami telah pindah ke www.excelquotient.com

Tweet XQ

Kapsul XQ Terkini

Archives

Annex


Langganan
RSS Kapsul XQ
RSS Komentar XQ

# Blog Walkers
web tracker

Ranks
My Popularity (by popuri.us)

Lisensi
Creative Commons License

